Bursa Transfer

Bursa Transfer di Eropa bisa dikategorikan menjadi dua bagian, awal musim dan paro musim. Awal musim atau biasa dikenal bursa transfer musim panas diadakan pada pertengahan tahun. Dan paro musim atau musim dingin diadakan pada awal tahun. Berkembang asumsi, bahwa bursa paro musim seperti bursa transfer Januari 2010 nanti tak lebih dari sekadar pelengkap bursa awal musim. Benarkah?

Bursa transfer awal musim dingin 2009-2010 bisa dibilang merupakan jual beli pemain bola terheboh dalam sejarah. Sederet bintang top dunia berganti klub. Rekor dunia transfer Zinedine Zidane yang fantastis dapat dipecahkan Cristiano Ronaldo dengan nominal 80 juta pounds atau setara Rp 1,2 triliun (kurs 1 pounds = Rp 15.042). Real Madrid dan Manchester City muncul sebagai klub paling royal musim panas lalu.

Enam bulan berselang dan tiga hari lagi bursa transfer paro musim kembali dibuka. Awal tahun baru (1 Januari 2010) sekaligus awal dilegalkannya deal resmi di bursa transfer. Kecuali pemain dengan status pinjaman, transaksi tidak harus menunggu hingga bursa transfer dibuka.

Dibandingkan dengan kehebohan di bursa awal musim, paro musim memang tidak memungkinkan terjadinya transaksi wah. Pasalnya, sebuah klub jelas tidak akan rela melepas pemain utamanya di tengah jalan jika bukan karena kondisi yang tidak normal.

Tapi, tidak berarti transfer besar tak mungkin tercipta atau hanya sekadar tambal sulam. Sudah terbukti, sebagian klub Eropa tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi global. Saat sejumlah klub memperketat belanja pemain, sebagian justru royal untuk mendatangkan pemain.

Salah satu klub yang masih akan royal awal tahun nanti adalah Manchester City. Bisa terlihat, keputusan City mengganti Mark Hughes dengan Roberto Mancini seakan menjaga bursa transfer paro musim dari kans transfer besar. Jika Hughes bertahan, bisa jadi bos-bos City sedikit pelit menggelontorkan dana.

Sebagaimana dilansir Triballfootnall, Khaldoon Al Mubarak, chairman City, mengungkapkan “Sebagai bagian dari keputusan menunjuk Roberto (Mancini), kami sudah menyiapkan bujet transfer bagi dia di Januari nanti.”

Anggaran yang dicadangkan Man City diprediksi masih paling tinggi dibanding dengan klub seantero dunia lainnya, mungkin bisa sampai 100 juta pounds seperti aksi setahun lalu. Sedangkan kas Real Madrid dipastikan defisit karena belanja gila-gilaan awal musim lalu. Tentang klub lain, pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson dan arsitek Chelsea Carlo Ancelotti memberikan isyarat tidak terlalu ambisi berburu pemain baru Januari nanti.

“Kami akan kehilangan pemain Afrika kami selama Januari. (Nicolas) Anelka juga tengah cedera. Namun, kami masih memiliki pemain muda seperti Daniel Sturridge dan Fabio Borini yang sesekali bisa diberi harapan,” terang Ancelotti kepada Daily Telegraph.

Arsenal yang mengumumkan butuh penyerang baru setelah cedera panjang Robin van Persie juga tak terlihat terlalu agresif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: