teknik menendang bola

  1. 1. TEKNIK MENENDANG BOLA

Menendang bola adalah suatu teknik menyentuh atau mendorong bola yang telah atau merupakan faktor dominan dalam permainan sepak bola. Secara garis besar, menendang bola dapat dibedakan menjadi 3 macam.

a) Menendang bola dengan kaki bagian dalam

Pelaksanaanyan adalah sebagai berikut,

Sikap melangkah, kaki yang berada didepan diletakkan dibelakang bola, sekaligus sebagai kaki tumpu dan jari-jari menghadap kedepan, sikap badan condong ke depan, kaki belakang menghadap serong kedalam. Ayunkan kaki belakang kearah bola, perkenaan bola dengan kaki bagian luar dan sumbu gerakan dari pangkal paha.

Gambar 1.4 menendang bola dengan kaki dalam

b) Menendang bola dengan kaki bagian luar

Pelaksanaanya adalah sebagai berikut,

Berdiri dengan sikap melangkah, kaki yang berada di depan diletakan di samping bola, sekaligus sebagai kaki tumpu. Badan agak tegak, lalu kaki yang digunakan untuk menendang adalah kaki belakang dengan pergelangan kaki menghadap keluar. Ayunkan kaki belakang kedepan mengenai bola dengan dikenakan kaki bagian luar, sedang sumber gerakan d

c) Menendang kaki dengan punggung kaki

Pelaksanaanya sebagai berikut,

Sikap badan berada dibelakang bola dan condong kedepan, kaki tumpu terletak disamping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran dan lutut sedikit ditekuk. Kaki tending berada dibelakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunkan kedepan hingga mengenai bola, ketika kaki bontak dengan bola, pergelangan kaki ditendangkan dan perkenaan tepat pada punggung kaki mengarah pada pertengahan bola. Pandangan mengikuti arah jalanya bola.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: