smash

  1. 1. Teknik dasar smash (spike)

Smash (spike) ialah pukulan yang keras dan arahnya menukik untuk mematikan lawan. Proses smash dapat dilakukan dengan cara sikap permulaan, gerakan dan sikap akhir.

  1. Sikap permulaan

Sikap ini diawali dengan berdiri, kedua kaki sejajar dan badan menghadap net. Kedua tangan terayun bebas disamping badan. Kedua kaki ditekuk dan kedua tangan berada disamping bagian belakang badan untuk bersama-sama di ayun kedepan atas membantu tolakan 2 kaki. Pada saat bol berada diatas, berakhir dengan badan melenting kebelakang ketika akan memukul bola.

  1. Gerakan

Pada waktu mau memukul, tangan kakan lemas(rileks). Tangan kiri mengimbangi gerakan tangan yang akan memukul bola. Pada saat memukul, pergelangan tangan diaktifkan. Bola dipukul menggunakan tangan dengan cara jari di satukan kedalam dan rapat. Perkenaanya pada bola bagian atas depan.

  1. Sikap akhir

Badan turn dengan mendarat pada kedua kaki bersama-sama dan mengontrol keseimbangan badan agar tidak menyentuh net/masuk daerah lawan.

Gambar 1.12 gerakan smash/spike

Ada 3 smash yang lazim di gunakan.

  1. Normal smash ialah smash yang dilakukan setelah mengambil awalan pada saat bola lepas dari tangan pengumpan(tinggi bola kurang lebih 3 meter)
  2. Semi smash ialah gerakan smash yang dilakukan setelah bola lepas dari tagan pengumpan (ketinggian bola kurang lebih 1 meter)
  3. Push smash ilah smash yang dilakukan setelah melakukan awalan keluar garis samping.

Dalam melakukan smash ketepatan waktu menjadi faktor yang utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: